Selasa, 16 Oktober 2012

Pawai Kendaraan Hias Meriahkan Tomohon International Flower Festival 2012




Tomohon International Flower Festival (TIFF) sukses digelar di Tomohon, Sulawesi Utara, 8-12 Agustus 2012. Bertajuk “Dengan Bunga, Kita Menyapa Dunia”, TIFF berfungsi sebagai wadah promosi pariwisata, guna meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Sulawesi Utara khususnya ke Tomohon.
Acara ini resmi dibuka oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar. Menurutnya, bunga dan pariwisata memiliki hubungan yang begitu erat, bahkan kini bunga diakui sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat sehingga memberikan nilai ekonomi tinggi bagi produsen bunga.
Salah satu kegiatan Tomohon International Flower Festival (TIFF) adalah Tournament of Flower (ToF)), yaitu parade kendaraan hias dari bunga hidup. Sebanyak 36 kendaraan hias mengikuti kompetisi ini pada Rabu (08/09). Sekitar 1,2 juta tangkai bunga yang diproduksi petani Kota Tomohon didaur ulang menjadi sebuah kendaraan hias yang menarik perhatian wisatawan yang hadir. Jumlah tangkai bunga tersebut berasal dari 176.400 pohon dengan perincian bunga jenis Krisan 68 ribu, Aster 86 ribu pohon, Mery Gold 20 ribu dan Antorium 2400 pohon.
Peserta berasal dari perwakilan negara maupun kabupaten/kota, hadir diantaranya sebuah float atau kendaraan hias Amerika yang menampilkan miniatur burung elang sebagai lambang negara tersebut, sebuah miniatur patung Liberty yang melambangkan arti perdamaian juga turut menghiasi.
Float dari Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan akhirnya tampil sebagai Juara III. Sementara itu, Juara II diraih oleh float dari Kabupaten Minahasa Selatan. Sedangkan juara I diraih oleh float dari Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Tomohon. Float dari FKUB dipilih sebagai pemenang karena dinilai menggambarkan pesan religi. Melalui kendaraan hias, mereka menggambarkan kerukunan antar umat beragama di Kota Tomohon.
Seiring perhelatan akbar tersebut, Pemerintah Kota Tomohon memperoleh penganugerahan Rekor Muri Salib dari rangkaian Bunga Terbesar di Indonesia. Salib dari rangkaian bunga sebanyak tiga buah tersebut diletakkan di lokasi kompleks Ukit, Tomohon. Salib utama memiliki tinggi 15 meter, lebar 8 meter dan dua lainnya berukuran tinggi 8 meter dan lebar 4 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar