Sabtu, 28 April 2012

Audisi dan Workshop Putri Wirausaha Kreatif Indonesia 2012 Sukses Digelar


Bertepatan dengan Hari Kartini, Pemilihan Putri Wirausaha Kreatif Indonesia 2012 sukses menggelar workshop dan audisi di Gedung AA Maramis, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta (21/04).



Sebanyak 46 peserta dari berbagai daerah telah mengikuti audisi hingga tahap akhir, mereka berlomba-lomba menunjukkan 3 aspek yang dicari dari Putri Wirausaha Kreatif yaitu Dinamis, Kreatif dan Inovatif. Tidak hanya yang berdomisili di Jakarta, ada beberapa wakil dari daerah lain seperti Bogor, Tasikmalaya, Medan, Malang hingga Balikpapan.

Dibuka dengan acara workshop, Puji Masniari Sinaga selaku Putri Wirausaha Kreatif 2011 memberikan motivasi untuk pengembangan perempuan sebagai pelopor usaha kreatif. Kemudian, Johnnie Sugiarto selaku CEO EL John Indonesia sekaligus ketua penyelenggara Putri Wirausaha Kreatif Indonesia 2012 memberikan sambutan. Diperkenalkanlah beberapa putri dari EL John Pageants, diantaranya Melisa Putri Latar (Putri Pariwisata Indonesia 2011), Rieke Caroline (1st Runner Up Putri Pariwisata Indonesia 2009), dan Sonia Fergina (Putri Pariwisata Bangka Belitung 2011) yang akan mengikuti ajang Miss Oriental Tourism di China.

Materi workshop bertajuk “Transformasi Indonesia Menuju Ekonomi Maju Berbasis Ekonomi Inovasi” dibawakan oleh Edy Putra Irawady, Deputi IV Bidang Koordinasi Industri dan Perdagangan Menteri Koordinator Perekonomian. Dengan misi mengangkat Indonesia menjadi negara maju dan merupakan kekuatan 12 besar dunia di tahun 2025, para peserta disuguhi 3 kerangka paparan tentang “Kemana sasaran kita? Apa modal tantangan kita? dan Apa kunci keberhasilan kita?”. Berbekal dari pengetahuan dasar ini, mereka ditantang untuk menyumbangkan ide-ide kreatif untuk membantu program pemerintah dalam bidang kewirausahaan. “Untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju dan kita cita-citakan perlu adanya dukungan dari 5 juta-an wirausaha” ungkap Edy.

Selepas makan siang, acara dilanjutkan dengan audisi. Dalam hal ini peserta harus melalui 3 tahap seleksi yaitu Interview, Forum Group Discussion dan menjawab pertanyaan essayInterview terdiri dari 5 juri yang mewakili masing-masing aspek yaitu Motivasi, Kreatifitas, Dinamis, Inovatif dan Psikologi.

Wawasan mereka juga diuji pada diskusi panel Forum Group Discussion, satu group terdiri dari  5-6 orang dan 2 juri. Konsep yang dilempar pada diskusi adalah bagaimana mereka membuat sebuah wirausaha, dimulai dari menentukan produk hingga budget dan pemasarannya. Setelah diskusi usai, hasilnya dipresentasikan di depan juri. Tahap seleksi terakhir adalah menjawab pertanyaan essay, sebanyak 5 pertanyaan diajukan. Mulai dari pertanyaan dasar seputar pengertian wirausaha hingga pemaparan asumsi-asumsi untuk memajukan wirausaha. Selain workshop dan audisi, diadakan juga sesi foto untuk para peserta oleh Darwis Triadi team.

Akan ada 30 finalis yang lolos dari tiga tahap seleksi audisi tersebut dan karantina akan diadakan pada 28-29 April, sebelum akhirnya dilaksanakan Grand Final Pemilihan Putri Wirausaha Kreatif Indonesia 2012 pada 30 April mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar