Sabtu, 28 April 2012

Yayasan EL John Tandatangani MOU Pengembangan Wirausaha Kreatif

 Perkembangan kewirausahaan Indonesia, terutama di bidang pariwisata dirasakan masih sangat kurang.  Perlu ditingkatkan lagi jumlah pengusaha-pengusaha di bidang pariwisata, apalagi di era globalisasi ini. Sehingga Indonesia dapat berdaya saing dan menjadi serta menjadi tuan rumah di negeri sendiri mengantisipasi terpaan persaingan dengan negara-negara lain.


Untuk itu pada Sabtu malam, 4 Desember 2010, ditandatangani MOU kerja sama antara Tim Koordinasi Nasional Pengembangan Wirausaha Kreatif dengan Yayasan El John Indonesia. Disaksikan oleh Edy Putra Irawady, Deputi Bidang Koordinasi Industri dan Perdagangan, Kemenko Bidang Perekonomian, Tim Kornas diwakili oleh sang ketua Dr. Handito Joewono dan Yayasan El John Indonesia diwakili oleh ketuanya, Johnnie Sugiarto. Bertempat di auditorium gedung Smesco-UKM,  diharapkan MOU ini dapat mendorong pertumbuhan pengusaha-pengusaha baru yang bergerak di bidang pariwisata.

Sudah saatnya Indonesia menciptakan inovasi-inovasi dengan mengandalkan kreatifitas yang dimiliki dalam menghasilkan produk-produk pariwisata, melalui pengusaha-pengusaha baru terutama di kalangan anak muda.

Adapun program dari kesepakatan ini ada 3 tahapan, yaitu Pembenihan, Penempaan dan Pengembangan. Melalui pembenihan, akan diadakan kegiatan- kegiatan besar yang akan mengumpulkan calon – calon pengusahan yang mempunyai potensi menjadi pengusaha wirausaha kreatif dibidang pariwisata.  Jika mereka berminat akan dimasukkan kedalam program penempaan.

Penempaan adalah program pelatihan yang disiapkan Yayasan El John untuk memberikan pendidikan dan pendampingan kepada para calon pengusaha dalam berbisnis. Setelah itu para calon pengusaha tersebut akan diberikan akses untuk menembus pasar sehingga mereka dapat berkembang.

Nanti diharapkan akan muncul pengusaha-pengusaha baru di bidang pariwisata, kuliner, kerajinan tangan dan lainnya. Paling tidak sampai 2014 akan lahir 500.000 pengusaha baru. “ Semoga para pengusaha yang baru dan kecil akan menjadi pengusaha yang kreatif, inovatif dan berdaya saing yang besar, “ Ujar Dr. Handito Joewono.

Yayasan El John Indonesia bersama-sama dengan Tim Kornas akan mendorong pertumbuhan wira usaha, terutama di bidang kepariwisataan. “ Kami akan membantu di bidang pendidikan dan pelatihan serta  membantu pengembangan modal usaha, sehingga paling tidak mereka ( para calon pengusaha) dapat menciptakan lapangan kerja paling tidak untuk skala kecil..,” Ujar Johnnie Sugiarto.

Kedua hal diatas sangat didukung oleh Edy Putra Irawady, Baginya bidang pariwisata membantu 3 hal yaitu  pertumbuhan, tenaga kerja dan kemiskinan. Melalui program ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja, mengurangi kemiskinan sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi. “ Kami harapkan melalui MOU ini, Yayasan El John akan membantu dalam hal pengembangan wira usaha kreatif di bidang pariwisata melalui jaringannya di berbagai daerah, dan Tim Kornas akan membantu di bidang kebijakan dan koordinasi antar lembaga,” kata pria berkumis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar